PENGERTIAN
BRANDING
Kebagusan jaya textile - Branding, merupakan sebuah
kata yang berasal dari kata dasar Brand, yang berarti Merek. Akan tetapi,
ketika kita mencari arti kata Branding didalam kamus bahasa inggris, kita tidak
akan menemukan arti yang sesuai. Sedangkan begitu banyak macam pengertian
branding yang bertebaran didunia maya hingga buku sekalipun, yang tentunya bisa
membingungkan kita. Branding adalah sebuah proses memperkenalkan “brand” sampai
bagaimana lingkungan memberikan penilaian pada “brand” tersebut.
Lalu bagaimana arti sebuah branding seharusnya ?
Didalam hal ini, saya mencoba untuk
menterjemahkan kata Branding dengan arti memperkuat merek produk ataupun jasa
yang di jual. Kita semua mengetahui, bahwa fungsi dasar dari sebuah merek
adalah sebagai pembeda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, dengan
adanya dinamika didalam derasnya kompetisi pasar, sebuah merek membutuhkan
kekuatan dan pengelolaan. Unsur-unsur yang mempengaruhi kekuatan sebuah merek
adalah, dari apa yang anda lihat (tangible), dan dari apa yang anda dengar dan
yang anda rasakan (intangible).
Kedua unsur diatas
merupakan syarat utama untuk membangun kekuatan sebuah merek didalam kompetisi
pasar yang sangat ketat. Lalu, elemen apa saja yang terdapat di kedua unsur
tersebut ? Elemen-elemen yang terdapat didalam kedua unsur tersebut adalah
sebagai berikut :
1. Tangible
: Produk, packaging/kemasan, identitas visual, dsb.
2. Intangible
: Kualitas produk dan jasa.
Brand yang efektif akan
menggambarkan siapa perusahaan Travel/Anda, apa yang perusahaan Travel/Anda
buat dan bagaimana membuatnya, sementara pada saat yang bersamaan juga
menetapkan relevansi dan kredibilitas perusahaan Travel/Anda dihadapan prospek
klien atau konsumen. Brand lebih dari sekedar tampilan logo yang menarik secara
visual dan menjadikan symbol rancangan atau kombinasi dari semuanya.
Demikian sedikit penjelasan
mengenai Pentingnya BRAND & BRANDING pada produk atau Jasa yang ditawarkan. Semoga bermanfaat bagi semua.